Minggu, 17 Juni 2018

Kuliah Gatis, Umroh Gratis, Haji Gratis

Hore Saya Lulus!
Alangkah senangnya saya menghadiri upacara wisuda kelulusan saya. Tanggal 3 Ramadan 1439 kemarin,  saya dan teman-teman dari berbagai negara diwisuda oleh direktur utama Islamic Center Rabwah. Alhamdulilllah, setelah belajar selama 2,5 tahun akhirnya saya berhasil lulus dengan predikat Mumtaz (excellent) dengan nilai 95,28.

Sedikit cerita pengalaman saya kuliah di IC Rabwah. Kuliah diniyah di IC Rabwah sangat menyenangkan dan bermanfaat. Banyak ilmu yang saya dapatkan di sana. Ustadz-ustadznya hebat-hebat. Dan yang tidak kalah menariknya, banyak fasilitas gratis: dari mobil jemputan hingga ibadah haji. Menarik, bukan?

Kuliah di IC Rabwah sangat menarik. Dirosah disampaikan para ustadz dengan santai tapi serius. Mendapat siraman rohani setelah seharian bekerja rasanya sejuk, ditambah lagi bisa bertemu teman-teman dari berbagai kafil lain dengan karakter yang berbeda-beda. Walaupun ketika berangkat terasa lelah, setelah sampai di sana menjadi semangat melihat gelora teman-teman lain.

Belajar ilmu agama di IC Rabwah tak ada yang sia-sia: semua terpakai dan berguna. Walaupun saya sudah pernah belajar ilmu agama secara formal waktu di MTs dan MA, tapi belajar di kala dewasa begini lebih bisa mencerna dengan hati dan pikiran, dan lebih bisa "mengendap". Selain itu, saya bisa bertanya langsung kepada ahlinya (ustadz-uatadz) tentang apa yang saya kira belum jelas. Manfaat lainnya, tidak saja saya belajar pelajarannya tapi saya memperhatikan sikap-sikap ustadz-ustadznya, mempelajari adab keilmuan, dan bagaimana  lebih bisa bersikap bijak kepada sesama muslim dengan memperhatikan sikap ustadz-ustadz dalam menanggapi pertanyaan dari penanya.

Ilmu atau mata kuliah (makul) apa saja yang saya pelajari di IC Rabwah? Dirosah terbagi dalam lima tingkat/level: mustawa awal sampai mustawa khamis. Sedang mata kuliah ada tauhid, fiqih, tahsin Alquran, tafsir Alquran, sirah Nabawiyah, hadist, bahasa Arab, dakwah, dan bahats. Beberapa makul diberikan dalam beberapa mustawa, beberapa yang lain hanya dalam level tertentu.

Setiap mustawa saya tempuh dalam waktu 4 bulan. Dan setiap akhir mustawa ada ujian kenaikan mustawa.
....

(to be continued)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar