Minggu, 20 September 2015

Stop Motion ala Hatta



Suka film Shaun The Sheep? Sama, Hatta juga senang sekali nonton film itu. Lalu saya tawarkan, "Mau bikin film kayak gitu?" "Mau." Lalu Hatta mulai belajar cara membuat film ala Shaun The Sheep itu. Film itu jenis video stop motion, yaitu rangkaian foto (still image) yang disusun berkesinambungan sehingga menjadi layaknya frame-frame video. Yuk ikuti Hatta dalam pembuatannya.

Pertama Hatta mempersiapkan bahan dan alat. Dia mengambil beberapa mainan mobil-mobilannya, mempersiapkan kamera foto, tripod, dan laptop yang sudah terinstall program editing video. Setelah semua alat dan bahan siap, Hatta mulai menata mobil-mobilan berjajar seperti sedang mau balapan. Setiap perubahan posisi mobil difoto. Kamera dipasang ditripod agar posisi stabil dan tidak bergeser sehingga tidak mengubah angel/sudut pandang. Pemotretan bisa sampai puluhan kali dengan gradasi perubahan posisi mobil-mobilan.

 Hmmm...skenario yang dibuat Hatta yaitu terjadi kecelakaan balapan (racing accident). Ada mobil ambulans yang datang menyelamatkan korban. Sampai akhirnya sang juara naik podium menerima piala. Sederhana kok, tapi asyik sekali dia membuatnya.

Untuk merangkai foto-foto tadi menjadi frame video, Hatta menggunakan software Ulead Video Studio 11.

Yuk lihat hasil videonya di channel Youtube: Basuki Rahmat. Jangan lupa Subscribe yachh...!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar